Bismillah..
Saat ini  semakin banyak kita yang paham mengenai aqiqah, makin banyak yang menggelar acara di hari ke 7, 14 atau 21.
Masalah hukum dan tatacara sudah banyak yang bahas di google sudah bejibun
Tapi kalo masalah Tehnis acara aqiqah ini banyak yang belum share..nih
berhubung  beberapa teman dan kenalan sering Tanya ke saya jadi alangkah baiknya di share ,seputar acara aqiqah semoga berguna bagi nanti yang akan mengadakan aqiqahan.
Anak sudah 4 Setidaknya sudah 4x menggelar acara aqiqah .. banyak pengalaman yang bsia di share…2 x aqiqah dengan 1 kambing (cewek) dan 2 kali aqiqah dengan 2 kambing  ( anak cowok).

 JUMLAH PORSI MAKANAN

Jumlah perkiraan porsi makanan disesauikan dengan Jumlah undangan..
Jika kita mengundang 100 orang maka yang perlu kita siapkan adalah 240 porsi ..
kenapa..?
Sebab yang datang adalah suami Istri jadi kali x = 200 orang dewasa ,  sedang 40 porsi untuk anak anaknya.
Untuk anak bisa  disediakan es buah dan semisal.
Adapun menu untuk anak dibuat supaya tidak mubazir,diacak acak dan lain sebagainya.

Hitung Jumlah nasi yang diperlukan biasanya dalam ukuran Termos Nasi besar.
1 termos nasi besar bisa  untuk = 70 orang.
Beras 1 karung (25 kg) bisa jadi 4 termos nasi.
Lebih baik porsi lebih jadi bsia dibagi bagi ke tetangga lebihnya daripada kurang.

 PILIHAN MENU.

Biasanya Kambing Aqiqah menunya Sate atau Gule atau keduanya.
Tapi perlu dipertimbangkan jika ingin untuk banyak porsi maka dimasak  Gulai semua.
1 Kambing ukuran standart  di masak gulai bisa mencukupi untuk 100 porsi lebih , sedang jika di Sate jauh lebih sedikit.
Jika khawatir kelebihan bisa 50% di gulai 50% di Sate atau 70% Gulai 30 % sate. Pokoknya atur aja.
Jika khawatir Menu tersebut kurang bisa ditambah menu pendamping dengan ayam kecap di potong potong
Atau telor dibelah 2 diberi sambal. Beli 100 telor dibelh 2 sudah jadi 200 khan.. jika dibelah.Tambah urap ,kerupuk,acar dll.

 PERALATAN

Adapun jika kita pesan  kambing  ke penyelenggara aqiqahan sekalain aja dimasakain tinggal tambah ongkos masaaknya.
Saat ini per kambing biaya masak sekitar Rp. 600 ribu.
Peralatan masak piring sendok, termos nasi dll biasanya itu free.

Untuk peralatan penyajian makan/hidangan tamu sebaiknya pinjam 2 set,
Masing masing dipisah tempatnya  1 untuk para bapak 1 untuk para Ibu
Supaya antrian tidak panjang , entar dikira  loket kereta api hehe..
Lampu penerangan bisa pinjam RW  , jangan lupa Pak RT RW nya di undang ya hehe..
Tenda bisa sewa 1 atau 2 tenda, 2 tenda bisa  menampung sekitar 80 kursi.

 WAKTU ACARA

Undangan ke tetangga paling tidak dibuat 1 hari sebelumnya biar mudah di ingat, jika 3 hari sebelumnya entar malah udah pada lupa.
Untuk mensiasati supaya rumah kita dan tenda bisa menampung jumlah tamu dengan memberi rentang  waktu yang panjang waktu di undangan.
Misal acara jam 16.00 -21.00   sehingga tamu datang tidak serentak tapi bergiliran dan datang secara bertahap.
Bayangkan jika mengundang 100 orang disatu satu waktu misal jam 20.00 maka akan kalang kabut pihak punya hajat melayani tamu.
Tapi biasanya jam jam yang paling ramai adalah 1 jam menjelang Magrib dan setelah magrib.

 CARA PALING SIMPLE

Ini pernah saya lakukan waktu anak pertama, sangat simple yakni dengan cara mengemas makanan sate dan gule ke dalam kotak
Kemudian dibagi bagi ke tetangga sekitar. Tidak perlu sewa tenda dan kursi. Cuma butuh bantuan beberapa orang untuk antar nasi tersebut ke tetangga.

 LAIN LAIN

–  Baik Baik ama temen dan tetangga biar banyak yang bantuin pas acara
–  Sediakan Kresek besar untuk bekas sampah.

– Menurut saya yang hadir ke aqiqah tidak perlu merepotkan diri membawa sesuatu sebab, jika hadir dan mendoakan saja sudah senang..
Khawatir acara aqiqah ada distorsi hal hal lain..
Sebab pengalaman  ada yang sampe ngasih print out rekening listrik segala   saya juga bingung apa maksudnya hehe..

Tapi kalo ngomongin soal porsi makanan dan menu paling Jago sbeetulnya  ibu-ibu.

gulai

Iklan