Tetanggaku diperumahan Puri Agung III Blok A2 no. 21, Mangsang Tanjung Piayu Batam. anaknya tewas mengenaskan , sedang pembantunya kritis  dibunuh perampok. ( Maaf beritanya saya turunkan dibawah )

Beritanya sudah meluas di Tv nasional dan juga di koran local tapi saya akan menambahkan termasuk dari versi warga yang belum dimasukkan ke berita mereka. Karena Selain korban adalah tetangga  tapi ini demi kelanjutan kedepan supaya premanisme di batam dan mangsang/tanjung piayu khususnya tidak berlarut larut.

Dan mudah mudahan menjadi semangat bagi penegak hokum unutk menindak aksi premanisme yang makin beringas dan terorganisir. Telah sering terjadi aksi premanisme yang korbannya adalah warga sekitar tanjung piayu/mangsang. Tapi aksi premanisme semakin menjadi jadi. Beberapa kejadian diantara lain sering di beritakan di koran local.

Aksi premanisme juga di duga membajak mobil molen berisi semen cor untuk pembangunan masjid, serta menumpahkan isinya ke jalanan sSeperti diberitakan:

http://www.mangsang.info/index.php?option=com_content&task=view&id=110&Itemid=1

Karena aksi premanisme Bus Damri untuk angkutan karyawan juga takut memasuki wilayah Tanjung piayu. Dan untuk Proyek bus jemputan gratis juga di demo.

Saya tak banyak cerita akan menurunkan berita dari koran local dan komentar juga milist warga diperumahan kami .

  1. Dari batampos dan komentarnya   (http://batampos.co.id/Utama/Utama/Perampok_Itu_Berusia_16_Tahun!_.html )
Perampok Itu Berusia 16 Tahun!
Kamis, 05 Pebruari 2009
M Surya Al Fatah, tersangka perampokan dan pembunuhan sadis di Tanjungpiayu, Batam, akhirnya ditangkap.

Bocah 6 Tahun di Tanjungpiayu Jadi Korban
BATAM (BP) – Perampok itu berusia masih sangat muda, 16 tahun. Kemarin siang dia tertangkap setelah beraksi seorang diri di Tanjungpiayu. Ia memang tertangkap setelah gagal membawa kabur mobil, tapi suami istri Supriyadi dan Dewi  harus kehilangan Auriel Mega Safitri, anak mereka satu-satunya.  Bocah enam tahun itu tewas setelah pisau yang dihunus M Surya Al Fatah – nama lengkap perampok itu –  menembus leher dan punggung Auriel.  Peristiwa sadis ini terjadi tepatnya di rumah korban di Perumahan Puri Agung Blok A2 Nomor 21, Tanjungpiayu.
Menurut kesaksian warga,  pelaku terlihat beberapa kali mengelilingi blok tempat rumah keluarga korban. Ia naik sepeda motor Honda Supra Fit  biru milik ayahnya, sekitar pukul 12.15 WIB.

Tak lama kemudian, ia memarkirkan sepeda motornya di dekat warung tak jauh dari rumah korban. Lalu ia berjalan menuju rumah korban yang saat itu pintu pagar dan pintu depannya tak terkunci. Setelah masuk ke dalam rumah, pelaku diduga langsung menuju ke ruang keluarga.

Di sana ia bertemu dengan korban Auriel Mega Safitri, yang tengah tidur telungkup di depan televisi. Kemudian pelaku kepergok Wiwin, 16 , pembantu keluarga Supriyadi. Karena takut aksinya diketahui warga yang lain, akhirnya ia menikam Wiwin di bagian kepala, pipi, dan leher dengan pisau dapur yang dibawanya.

Wiwin sempat berteriak, sehingga Auriel Mega Safitri yang biasa dipanggil warga dengan sebutan Ega terbangun. Melihat hal itu, pelaku panik dan tanpa banyak bicara langsung menusukkan pisau ke tubuh Ega.  Surya langsung menutupi tubuh mereka dengan kain terpal penutup mobil milik ayah korban. Lalu ia membongkar dan mengacak-ngacak lemari di kamar orang tua korban. Pelaku mengambil satu unit ponsel, kartu ATM, dan perhiasan dari rumah korban. Ia juga mengambil mobil Honda Civic warna merah BP 1470 PX yang diparkir di luar pagar di depan rumah korban.

Namun begitu jalan beberapa meter, mobil tersebut malah menabrak motor yang diparkir di dekat rumah korban dan berhenti setelah menabrak gundukan pasir. Melihat motornya diseruduk, tetangga korban pun menangkap pelaku bersama warga lain. “Yang bawa seperti buru-buru,” kata Cici, warga sekitar, yang melihat peristiwa itu.

Saat itu, Siti tetangga korban curiga dengan pelaku, ia kemudian melihat ke dalam rumah korban. Begitu dilihat, ternyata banyak darah dan ada tangan yang bergerak-gerak di bawah kain terpal penutup mobil. Siti pun lantas berteriak ada pembunuhan.

Cici yang berada di dekat pelaku pun ikut berteriak. “Tangkap orang itu, dia pembunuh,” ujar Cici sambil menunjuk ke arah pelaku yang saat itu tengah dihadang warga di gundukan pasir.

Warga yang mengetahui hal itu spontan langsung memukul dan mengeroyok pelaku. Kemudian ia digiring ke rumah korban sambil dipukuli hingga lemas tak berdaya. Muka dan badannya babak belur. Untungnya saat itu ada salah satu warga yang meminta agar jangan dihakimi. Biarkan saja pihak kepolisian yang menanganinya.

Tak lama berselang, jajaran Polsek Persiapan Seibeduk yang dipimpin langsung Kapolsek Persiapan Seibeduk AKP Syahrul Ramadhan tiba di lokasi kejadian. Lalu pelaku dibawa ke Mapolsek untuk diamankan. Sedangkan Wiwin yang ditemukan saat itu masih bernapas, dilarikan ke ruang UGD RSCMC, Mukakuning.

Sementara tubuh Ega yang berlumuran darah hingga ke lantai masih ditutupi oleh terpal. Begitu tim identifikasi Poltabes Barelang datang, barulah Ega dibawa ke RSOB untuk diotopsi.
Kasat Reskrim Poltabes Barelang Kompol Himawan Bayuaji mengatakan, dari hasil olah TKP sementara, kasus pembunuhan ini merupakan tindakan pencurian dengan kekerasan. Namun motifnya belum diketahui. “Dari pengakuan pelaku, ia pemain tunggal,” ujar Himawan.

Trauma

Wiwin,  pembantu korban yang menyaksikan langsung anak majikannya itu dibantai pelaku,  masih dicekam trauma. Meski luka di wajahnya sudah diobati dokter dan didampingi oleh tetangganya, raut wajahnya masih terlihat pucat. Ia dirawat di ruang UGD RSCMC, Mukakuning.

Sementara itu, jasad Auriel Mega Safitri setelah diotopsi di RSOB langsung dibawa ke rumahnya dan sore harinya dikebumikan.(mat)

Komentar (21)add comment

Parjok said:

Busyet dah…16 Thn udah jadi sampah masyarakat smilies/angry.gifsmilies/angry.gif
Hukum Mati aja tuh

hariz said:

lusi said:

nih kejadian dekat bgt dgn rmh gw,kshn bgt dgn ortunya ega,apalagi tuh ibu ny ampe pgnsan berulang2 kali n gak mo msk kmr smbl ngomong “mo nunggu mbak ega pulang”.mdh2an ibuny cepat dpt pengganti ega.pdhl ega tuh anak ny cakep loh.n kepada pelaku baik nya di ksh hukuman apa yaaa yg pantas???? smilies/cry.gifsmilies/cry.gifsmilies/cry.gifsmilies/cry.gifsmilies/cry.gifsmilies/cry.gif

andi said:

Pak Polisi, Pak Wartawan silahkan cek lagi beritanya terutama kepada warga yang menangkap Perampok tersebut, perampok tersebut tidak sendiri. Karena dia berkomplot. Waktu pelaku di tangkap dana kan dihakimi mendadadak muncul komplotan preman yang terkenal dipiayu dan sekitarnya . Dia yang menghalangi warga memukul pelaku. Pelaku waktu dibawa ke Kantor pilisi masih segar Bugar. Dan aneh preman ini selama ini tidak pernah nongkrong diperumahan Puri Agung. Tetapi Kenapa begitu tertangkap prampok dia bisa tiba tiba nimbrung ama warga melindungi pelaku, dengan dalih akan dibawa ke akntor POLISI.

MOHON PREMAN DI BIDA AYU di habiskan saja.. disanlah sarangnya, dipinggir p[inggir jalan di pertigaan BIda ayu, kalo malam mabuk-mabukan dan sering main judi malah terang terangan di sepanjang jalan bida ayu. Warga mau mengingatkan tidak berani Meningingat mereka banyak. Dan suka emosional

Warga BIda ayu, Puri Agung, Pondok Graha, mangsang, GMP dan sekitarnya.. selalu saja jadi korban mereka , baik itu pencurian, dan kelakuan mereka. TOLONG APK POLISI digaruk semua preman disana, Yang jadi backing nya.. sebab kami tak tahu harus bilang kesiapa, kalo berhadapan kami takut denagn keluarga kami, juga kami tidak ingin menghakimi sendiri.

Pihal Polisi Piayupun sudah tahu tapi mungkin karena sebagian ada yang kenal atau mungkin masih memantau .. tapi kami sudah selalu ajdi korbannya. Baik pemukulan karena keributan kecil. Bahkan pernah ruamh warga dilempar batu hanya gara-2 mengingatkan tindakan mereka yang mengganggu ketertiban umum

Mas Abidin said:

Kmi warga puri agung sangat menyesalkan dengan kejadian yang sangat sadis ini.Kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan dan kesabaran.kepada pak polisi…tolong dihukum yang seberat-beratnya.
WARGA PURI AGUNG 4 BLOK F

Nasty said:

Saya setuju dengan pak Andi.

Pak POLISI tolong pak tindak premanisme yang ada di wilayah TANJUNG PIAYU terutama di di Simpang BIDADARI, Pertigaan Simpang Bida Ayu Mangsang
Pintu Satu Bida Ayu, Simpang Pancur, Simpang Bagan.

Tolong Pak Diberantas yang sering meresahkan Masyarakat

Itu semua orang orang hutan yang datang ke kota dan membuat ke Onaran.

terimakasih.

Carloss said:

Loh memang dipiayu itu dari dulu sarang preman,,Guwe dari 1999 sampai sekarang tinggal dipiayu,Karena mau pindah kemana lagi ya punya rumah satu2nya di piayu. Sebenarnya sih gak tahan lihat situasi yang dari dulu terus kelompok tertentu itu yang selalu bikin ONAR.

Guwe tau persis lah karena aparat dibuat tak berdaya dengan kelompok itu, coba bayangkan dulu itu ada Bis DAMRI yang melayani rute piayu Muka kuning, eh DAMRI itu langsung menutup rute piayu karena dilempari batu dan intimidasi pada sopir..

Wah ,,,dengan kejadian yang baru ini semoga aparat gak cincai2 sama mereka. sudah nampak kejahatan di depan mata masih pura2 gak tau,dengan alasan tidak ada laporan warga. Heh,,kesal sebenarnya sih, ya semoga warga piayu masih diberi kesabaran. Tetapi JIKA APARAT TIDAK SANGGUP MEMBERANTAS PARA PREMAN PIAYU MAKA SUATU SAAT AKAN ADA MEMBUAT APARAT TANDINGAN yang dari persatuan warga piayu.CEPATLAH DIBERANTAS PAK POLISI, JIKA TERLAMBAT WARGA YANG AKAN MENGHAKIMI…

Satu hal yang juga harus diberantas,,,masalah kumpul kebo di tempat kos bida ayu. perumahan ini sudah jadi tempat maksiat …warga menunggu ketegasanmu pak polisi…

madi said:

saya setuju dengan pak Andi dan pak carloss
memang di piayu ini sudah terkenal premanismenya,tolong dong pak polisi ditindak tegas saja,kami merasa resah sekali dengan kelompok tertentu disini.Sudahlah inprastrukturnya terburuk di batam,ditambah masalah sosial seperti ini.Buktikan pak polisi “bahwa polisi sahabat masyarakat bukan sahabat preman.”terimakasih.

wulan said:

turut berduka cita atas tragedi yang menimpa kel tersebut.mudah2an kel di beri ketabahan.dan pelaku ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku soal premanisme di daerah sana memang sering terjadi.yah mudah2an para preman sekitarnya bisa menyadari dan bertobat apa yang mereka lakukan sekarang ini. smilies/cheesy.gif

piss forever said:

tuh khan…premanisme dulu yang perlu dihabiskan baru yang lainnya

JUGUL said:

KA KA KA KA KA KA POLISI JAMAN SEKARANG SEMUA BISA DIATUR KALAU ADA UANG…. SERAGAMNYA AJA MEREKA BANGGAKAN DAN PISTOLNYA…… YA PISTOL AIR TERNYATA……PUNYA NYALI DONG UNTUK BRANTAS PREMANNNNNNNNNNN. ATAU PAK POLISI TAKUT YA DI BRANTAS DENGAN PREMAN???? smilies/cheesy.gifsmilies/cheesy.gifsmilies/shocked.gifUUUUUUU TAKUTTTTTT, HARI GINE MASIH TAKUT OAGH AAHHHH

gelanter said:
class=CommentArrow v:shapes=”_x0000_i1049″>

Kami mengucapkan TURUT BERDUKA CITA Kepada keluarga yang ditingalkan semoga di beri Ketabahan.
Pak Polisi Tolong di follow up apa yang di bilang masyarakat Tanjung Piayu. Terima kasih atas perhatianya

maulana said:

Semoga yang di tinggalkan tetap sabar dan tabah, siapa sih ingin kejadian itu terjadi, tapi yang perlu kita waspadai tetang beralihnya malaing dari malam hari ke siang hari dan ini sudah banyak kejadian apalagi di daerah piayu, masalah preman memang dari dulu di piayu adalah tempat anak cucunya preman dan orang-orangnya saya kira sudah tahu semua bahkan polisi pun sudah tahu preman di piayu itu siapa? tapi tindakan kongkrit yang akan dilakukan oleh polisi kalau polisinya sendiri takut dengan preman? masa Negara kalah dengan orang-orang preman piayu? Malu besar,dan yang hidup di piayu itu bukan preman saja tapi orang-orang yang ingin piayu itu menjadi maju dan makmur.

ucok_Baba said:

Yup….. gantung aja polisinya,… Ups!!! malingnya maksudnya!!!

Napi tapi Ganteng said:

Emang ga gampang brantas PerPremanan di Negri kita ini.
Seperti jg Korupsi & PerPremanan, ga jauh beda dan bisa jadi saling berhubungan.Tapi saya yakin, di batam ini tidak seperti itu,pasti BISA!!!!. seperti semboyan “Polisi sahabat masyarakat”…
ga mungkin dong “Polisi sahabat Preman”… betul ga pak polisi..

IBU RUMAH TANGGA said:

SAYA SEBAGAI SEORANG IBU RUMAH TANGGA BISA SANGAT MERASAKAN BAGAIMANA RASA KEHILANGAN SEORANG ANAK SEPERTI YANG DIALAMI ORANG TUA EGA, APALAGI SAYA TINGGAL BERTETANGGA DENGAN KORBAN. SAYA MENYAKSIKAN BANJIR AIRMATA DARI PARA TETANGGA DAN SIMPATISAN YANG MELAYAT.
WAHAI PREMAN YANG MENDALANGI DAN MEMBACKUP KEJADIAN INI. COBA TANYA PADA IBUMU…. BAGAIMANA PERASAANNYA JIKA KAMU DIBUNUH DENGAN BIADAP SEPERTI ITU. ATAU COBA TANYA ISTRIMU BOLEHKAH ANAKMU DIBUNUH SEPERTI ITU? POLISI PIAYU PASTI SUDAH TAU SIAPA YG MEMBELA PREMAN YG DIMAKSUD PAK ANDI. TOLONGLAH KAMI PAK….. KAMI JUGA INGIN ANAK ANAK KAMI TUMBUH SEHAT JIWA DAN RAGA MEREKA DEMI MASA DEPAN KITA SEMUA.
PAK POLISI ….ORANG YANG DIMAKSUD PAK ANDI MEMANG KELIHATAN BAIK DALAM BERTETANGGA TAPI KAMI TERTANGGU DENGAN ANAK BUAHNYA YANG WIRA WIRI NAIK MOTOR DENGAN KECEPATAN TINGGI DI KOMPLEK PERUMAHAN.

adji said:

Polisi baca, ini ga ya? kalo baca mohon di kasih tanggapan pak. Kalo tidak, mohon pihak Batam Pos bisa menindaklanjutinya ke Kepolisian…sebelum ada korban yang lainnya.

cigun said:

wah, batam semakin hari semakin mengerikan, pak polisi tolong kerja semaksimal mungkin saya juga sbgi seorang ibu sangat merasakan kesedihan yang dirasakan oleh mamanya ega. Saya jadi takut berkunjung ke batam

bravo said:

Kami mengucapkan TURUT BERDUKA CITA Kepada keluarga yang ditingalkan semoga di beri Ketabahan. Tolong Pak Polisi sesegera mungkin di berantas preman-preman yang merasahkan masyarakat.

pemulung said:

Betul….teman – teman. Saya aja mau lewat dari situ , gak berani saya.Takut saya. Sudah saya capek capek nyari barang rongsokan,harus bayar dulu baru bisa lewat. Biasa bayar upeti …..gitu katanya.Emangnya sekarang jaman kerajaan. kok bayar upeti segala.wah..pokok nya saya tidak setuju. Pak POLISI mohon berantas Premanisme di Tanjung Piayu. Sikat sampai habis …habis…… smilies/shocked.gifsmilies/shocked.gifsmilies/shocked.gifMERDEKA

Dari  milis warga :


From: Sah Budiman
Sent: Wednesday, February 04, 2009 8:40 PM
To: PA3-RT05@googlegroups.com
Subject: Bls: [PA3-RT05] Re: Rampok di Blok A siang ini…

Sekedar informasi’
Jenasah anak tersebut telah tiba dirumah duka kira2 pukul 20:00, sambil diliput sama station tv nasional  RCTI. Menurut pak rw jumlah tusukan pisaunya banyak sekali yang paling parah mengenai bagian leher depan tembus kebelakang belum lagi dibagian dadanya, trus katanya mayatnya seperti anak yang habis mandi dan sedang tertidur pulas, cantik banget, putih…. Sedangkan pengasuhnya sudah lebih dulu tiba dari jenasahnya dan sudah bisa berjalan hanya saja wajahnya pucat dan tidak bisa berbicara karena terdapat luka dipipikirinya yang tembus kerongga mulut akibat terkena tusukan sang perampok.
Emang sungguh biadab rampok tersebut, walaupun masih berusia muda tapi sudah sangat-sangat sadis, kalau saja polisi terlambat datang mungkin sudah dibakar hidup2, tapi saya pikir kalo dibakar perampok yang lainnya lagi bisa saja tidak ketahuan yah
Eh katanya rampoknya lebih dari seorangkan?
wah…kembali kepada diri sendiri. gimana kalo hal ini terjadi pada keluarga kita……
Memang kita wajib meningkatkan keamanan lingkungan kita nih….iiiiiiiiiiss.


From: Jazuli [mailto:jazuli@id.panasonic.com]
Sent: Thursday, February 05, 2009 9:41 AM
To: milis@clansoenda.web.id;
Subject: RE: [MILIS] RE: [PA3-RT05] Rampok di Blok A siang ini…

Anak yang pinter-an Mair.

Kemaren pas pulang sekolah dari TK darul huda

Bu Darmini & bu Endah agak kaget,

begitu bubaran sekolah anak ini ikut bubar,

Tapi kemudian balik lagi ke ruangan sekolah

Dan di situ menyalami gurunya satu-persatu.

Mungkin semaca pamitan gitu.

From: difer

Sent: Thursday, February 05, 2009 9:56 AM
To: milis@clansoenda.web.id
Subject: RE: [MILIS] RE: [PA3-RT05] Rampok di Blok A siang ini…

Kemarin pulang kerja  begitu sampai dirumah langsung meluncur ke TKP…

Ternyata di pertigaan dekat rumah Bu endar udah penuh seperti orang hajatan.

Jasad dusah dibawa untuk otopsi,

Dan kerumunan orang bapak-bapak, ibu ibu pun hanya bisa  bercerita : katanya..katanya…

Seandainya ini terjadi dengan kita bagaimana …?tidak sedikit warga yang ikut meneteskan airmata..Melihat kejadian ini.

Mudah mudahan saja keluarga yang ditinggal kan sabar dan tabah.

Ketabahan dan kesabaran mereka akan jadi tabungan di akhirat.

Karena anak mereka Insya Allah telah mati syahid.

—–Original Message—–
From: Jazuli

Sent: Wednesday, February 04, 2009 4:27 PM
To: milis@clansoenda.web.id
Cc: Sumantri; Choirul Anam
Subject: RE: [MILIS] RE: [PA3-RT05] Rampok di Blok A siang ini…

Bener ternyata mair, Barusan telp ke rumah

Setelah ngambil perhiasan minta kunci mobil ke pembantu.

Tapi si pembantu tidak bersedia memberikan kunci mobil

Akhirnya anak & pembantu-nya di tusuk.

Si anak meninggal & pembantu kritis.

Rumahnya di samping bu Endar PA3(belakang Youmart 2) – nomer 2 rumah

dari bu Endar.

Ada orang pulang dari masjid lihat si perampok.

Datangnya mbawa motor koq sekarang mbawa mobil.

Akhirnya teriak-teriak ke warga dan di kejar.

Mobilnya nambrak motor & gunung pasir di Tukang batako PA3 itu.

Ketangkap di situ dan di hajar masa. Hampir di bakar tapi polisi keburu

datang.

Yang 2 lolos.

From: Edwin Eko Prasetyo

Sent: Thursday, February 05, 2009 9:21 AM

To: PA3-RT05@googlegroups.com

Subject: [PA3-RT05] Re: Perampok Itu Berusia 16 Tahun

Tambahan ,

Berdasarkan info yg saya peroleh dari sebuah sumber , pelaku adalah mantan karyawan air gallon isi ulang ” MQ ” (tapi saya ngga tau pasti kebenarannya)

Pelaku sudah terbiasa masuk kerumah korban karena selalu dimintai tolong utk memasangkan air gallon ke dispencer . di perkirakan ini sudah di rencanakan dan di perhitungkan pelaku  sblm melakukan aksinya

Utk itu marilah kita ambil hikmahnya – buat para istri – ibu dirumah – saat suami tidak dirumah

v  Jangan biarkan orang Asing memasuki rumah / minta pertolongan kepada org asing ( Air gallon , Gas dll )

v  Jangan bukakan pagar / pintu rumah atas orang asing  – cukup komunikasi di balik pagar / jendela ( sales , peminta sumbangan , orang tersesat )

v  Bila ada tamu – biasakan utk melihat dari jendela sebelum membuka pintu besar

v  Biasakan pagar dalam kondisi terkunci

Iklan