Tag

Waktu masih menunjukkan sekitar jam 09.30 pagi tapi matahari tertutup awan yang gelap,hujan turun deras disertai angin dan sesekali petir menyambar.Para penghuni di salah satu perumahan di T.Piayu lebih banyak berdiam diri didalam rumah. sky-hand.jpg
Tapi seorang nenek berpayung tampak menggendong cucunya yang umurnya sekitar 3 tahun, berjalan disalahsatu blok perumahan itu,tak lagi menghiraukan derasnya hujan dan terpaan angin. Menuju salah satu rumah di ujung blok.Setelah sampai didepan pintu dan menurunkan cucunya, mencoba mengetuk pintu rumah itu.

“ Assalamualaikum “ dengan perasaan ragu nenek.

“Waalaikumussalam,” Seorang Ibu muda penghuni rumah membukakan pintu,sambil cepat cepat mempersilahkan masuk.
“ Maaf umi, ini si kecil ( sambil menyebut nama cucunya) dari tadi merengek terus minta ngaji,padahal khan hujan gini khan biasanya libur.” Pinta nenek
“ Oh ngga papa kok nek, Udah sini dik kita ngaji ya..sama kakak Ica.. “ jawabnya.

Memang pengajian anak-anak ini bisa disebut “suka-suka”, puluhan anak yang ngaji boleh masuk boleh tidak,ngga ada hukuman,tidak ada seragam, dan aturan yang mengikat. Sebab selain non formal,ini hanya inisiatif untuk semakin mengenalkan anak pada baca tulis alquran, yang dikenal dengan sistem Iqra.

Tidak akan membahas ngajinya, tapi sorotan tajam tajam untuk “semangat” si kecil ini dalam menuntut ilmu.

Bagaimana kita tidak akan terkesima, si kecil yang belum teteh bicara,yang baru bisa baca a,bat.ta sa.ja … begitu kuat keinginannya untuk belajar,bahkan disaat hujan yang deras sekalipun. Dan nenek itu adalah seorang yang penyanyang,begitu kuat kasaih sayangnya dan turut membantu cucunya yang berkeinginan untuk maju.

Sedang kita sudah berapa kali kita baca ayat ini :

“Katakanlah (wahai Muhammad) apakah sama orang-orang yang mengetahui dan orang-orang yang tidak mengetahui”. (QS. Az Zumar: 9).

Tapi sampai sekarang,sudahkah semangat menuntut ilmu itu terdongkrak..?Sibuk kerja,capek, hujan deras,tak ada biaya adalah deretan kata yang telah dipersiapkan dibenak ini.Padahal hanyalah rekomendasi dari kemalasan” .

Kita pantas malu pada si kecil ini.Terlebih padaNYa sebab kita termasuk orang yang tidak mau diangkat derajatnya.Sebagaimana yang Allah sebutkan dalam firman-Nya,
Allah mengangkat derajat orang-orang yang beriman, dan orang-orang yang diberi ilmu (diangkat lagi) beberapa derajat”. (QS. Al Mujaadalah: 11).

*Semoga bisa kau gapai impian dengan ilmu dan diberkahiNya ,nak.( ini asli-sli)

Iklan