CARA KLAIM DANA JHT BPJS MUDAH DAN CEPAT CAIR MELALUI BANK BNI.

 

Buat teman teman yang akan klaim dana JHT BPJS.
Ini Tips klaim dana JHT, proses cepat dana cair 2 – 5 hari kemudian. Ini sudah terbukti oleh saya dan beberapa teman . Jika anda ragu bisa telp atau datang ke Kantor Bank BNI cabang Nagoya untuk memastikan kebenaran prosedur ini.

Seperti kita ketahui saat ini Kantor BPJS diserbu orang yang klaim JHT, antrian panjang ramai dan prosesnya lama. Maka menghindari hal tersebut kita bisa mengambil JHT pada Bank yang sudah punya kerjasama dengan BPJS, salah satunya yakni Bank BNI.( Hanya di cabang yang ditunjuk)

Ini proses pengambilan dana JHT cepat :

1. Buka rekening di Bank BNI Cabang mana saja atas nama anda yang klaim JHT. Tinggal dipilih tabungan sesuai kemampuan ada yang saldo RP 150 ribu juga RP 500 ribu. Bagi yang sudah punya rekening anda tak perlu buka rekening lagi. aktifkan sms bangking lebih baik jika nanti dana JHT cair akan ada sms notifikasi.

2. Setelah punya buku tabungan BNI , datang ke Kantor BNI cabang Nagoya.
( ” HANYA” bisa di BNI Cab Nagoya dan Cab Tiban bukan cabang lain )

3. Bawa Photokopi dan document asli.( seperti dibawah ini )
4. Ambil antrian dan isi form untuk pengambilan JHT di Bank BNI Nagoya.
5. Ngantri tunggu dipanggil , akan di cek kelengkapan dokumen oleh petugas sekitar 5 menit.
6. Selesai. D ana jht akan ditransfer ke rekening kita di BNI dalam hitungan 2 – 5 Hari kerja kemudian.

Berikut data dokumen yang harus dibawa ( Asli dan Photokopi ) :

1. Kartu Keluarga
2. KTP
3. Surat Pengalaman Kerja Terakhir
4. Copy Surat Keterangan Pemberhentian Kerja dari Perusahaan yang ditujukan ke Disnaker. Bisa di Minta di HRD Perusahaan. ( Berlaku bagi yang resign/PHK setelah November 2015 ) Untuk jelasnya silahkan ditanyakan ke HRD anda. Surat tersebut bisa hardcopy juga bisa dikirim lewat email kita kemudian di print.

5. Buku tabungan BNI atas nama anda ( Bukan atas nama orang lain)
6. Kartu Jamsostek lama / Kartu BPJS baru .

Tambahan : Baca lebih lanjut

Mimisan faktor keturunan

Minggu lalu anak s cowok saya nomor 3, umur 3 tahun sakit demam dan mimisan dihari pertama setelah 2 hari sembuh demam dan mimisannya,tanpa belum sempat dibawa ke ruamh sakit.

Kemarin anak cowok yg ke 4 umur 2 tahun demam hari pertama mimisan, hari ke 2 mimisan lagi akhirnya kami bawa ke RSHB untuk test darah khawatir kena Demam Berdarah hasil test darah tak ada kena DBD.

Padahal 2 anak perempuan saya taka da ceriat mimisan ketika sakit atau demam atau kecapekan.

Setelah konsultasi teori dokter gini : Mimisan itu factor keturunan jika ibu mimisan akan menurunkan ke anak-2 lakilakinya, jika Bapak waktu kecil mimisan akan menurunkan ke anak perempuannya.

Antara percaya dan tidak ternyata, dan saya cross cek denagn teman kerja dia (laki) yg dulu kecilnya mimisan , saat ini 2 anak perempuannya kalo capek atau sakit mimisan sedang anak laki-laki nya tidak pernah . Sebuah tanda kebesaran Alloh yang kadang menurut kita kok bisa ya?.

Dan memetakan penyakit apakah itu faktor keturunan atau bukan , dan cara penanganannya.

Tukang Parkir tua VS Pengemis Muda

Suatu Saat kami bepergian , lewat sebuah perempatan…

Lagi lampu merah nih.. ( ya brenti mengikuti rambu . kalo ngloyor ditilang donk )

Ada orang dewasa yang sepertinya sehat ngemis ngemis itu kaki dibalut dikasih obat merah ccck .. kok sampe segitunya ngemis aja kok pake baju dinas ( kalo gak disebut nipu ) , juga ada anak muda yang genjrang genjreng ( ngamen ) .. minta uang ..

Umminya anak anak dulu suka sekali ngambil lembaran uang di dashboard yang saya siapin buat tukang parkir ,untuk para pengemis. Sampe pernah kehabisan receh pas lewat parkiran.

Ttapi semenjak melihat acara di TV kalo pengemis penghasilannya “wow “ sekarang gak begitu getol lagi.

Eh.. kembali ke Perjalanan tadi

Sampai akhirnya tiba di area sebuah ruko di Penuin ( lawan kata kosongin ) terus nyari parkiran..

Nemu tukang parkir.. bapak bapak pake baju dinas nya… yang warna Orange itu..( Bukan oranye tahanan KPK lho ya..)

Tapi itu bapak gak biasanya itu orangnya udah tua … jalanpun terbungkuk bungkuk..

lebih tua dari kakeknya anak anak saya.   ( lebih tepatnya bapak Mertua hehe )

“ Duh ini tukang parkir kok tua sekali ya.. gimana nih..kalo kasih aba aba .. kira kira penglihatannya masih awas gak lihat kendaraan yang lalu lalang” kataku

Umminya : “ Yah ..itu malah jempol Bi.. meski renta tetep bekerja dan menjaga diri dari meminta minta, beda ama pengemis dan anak pengeman yang tadi , badan masih segar dan kuat tapi meminta minta “

Glodak .. bener juga ya… malah jadi salut ama Bapak Tukang parkir.

Belio itu di usianya yang lanjut termasuk orang yang menjaga iffah , kehormatan diri menahan diri dari meminta minta.

sebagaimana Sabda rasul :

Barangsiapa yang menahan diri (tidak meminta-minta sekalipun miskin), maka Allah akan mencukupkan kebutuhannya. (HR. Bukhari)

Semoga Allah mencukupi kebutuhan kita dan keluarga kita tanpa harus meminta. Amiienn

Umair / Batam 8 Jan 2015

Belajar kepada si kecil

payungKisah Nyata ” Si kecil menggapai langit ”

Belajar kepada si kecil.

Setiap kejadian..hampir pasti selalu ada hikmah yg menyertainya. Hanya saja kita yang tidak sadar dengan hikmah apa saja yg ada di balik tiap kejadian yg kita alami.berikut ada satu kejadian yang sangat berharga yang pernah saya alami yang kita bisa ambil hikmahnya. Kejadian itu sudah lama sekitar tahun 2007.

Saya tinggal di Perumahan puriagung 3, yang terletak di kel.mangsang Sei Beduk Batam.Perumahan ini baru dibangun, maka waktu itu kami adalah para penghuni pertama dan baru diperumahan tersebut. Karena perumahan baru maka fasilitasnya juga belum memadai termasuk sarana dan prasarana ibadah seperti masjid belum berdiri, apalagi pendidikan anak seperti TPA belum ada diperumahan ini waktu itu.

Maka dengan bertekad hanya untuk menggapai ridhloNya ,berinisiatif untuk mengawali membuka pengajian untuk anak anak disekitar perumahan, dari mulai mengenal huruf hijaiyah ,baca tulis alquran, tajwid ,hafalan juga ada plusnya yakni baca tulis dan berhitung,bahasa arab dan inggris untuk anak. Dengan berbekal pengalaman mengajar sebelumnya dan siiraman ilmu dari para asatidz /asatidzah yang saya kenal maka jalannya pendidikan untuk anak ini tidak banyak mengalami kendala.

Berawal dari anak para tetangga dan teman dekat akhirnya mulai banyak yang mengamanahkan anaknya untuk saya didik,sampai makin lama ada yang datang dari lokasinya agak jauh dari tempat tinggal kami. Karena banyaknya dan tidak tertangani dalam satu waktu maka dibagi menjadi 2 shift, yakni shift pagi dan sore.

Pada suatu hari, waktu itu jam masih menunjukkan sekitar pukul 09.30 pagi hari , tapi sinar matahari tertutup awan yang gelap, kemudian disusul hujan deras disertai angin kencang dan sesekali petir menyambar. Membuat kami para penghuni perumahan lebih banyak berdiam diri didalam rumah.

Waktu itu saya rasa nggak mungkin dalam keadaan cuaca seperti ini datang untuk ngaji kerumah, jadi biarlah pagi itu ana kanak libur saja, kasihan kalo harus datang dalam kondiri cuaca seperti itu.

“ Assalamualaikum “terdengar suara seorang nenek.

“Waalaikumussalam,” aku jawab segera dan bergegas untuk membukan pintu.

Ketika Pintu terbuka, Masya Alloh Ternyata seorang nenek berdiri didepan pintu, dia membawa payung sambil menggendong cucunya yang umurnya sekitar 3 tahun. Meski memakai payung sebagian pakaian bagian bawahnya agak basah karena hujan terlalu kencang dan payung digunakan untuk menutupi cucu kesayangannya jangan sampai terkena air hujan.

Nenek ini tinggal beda blok jaraknya agak jauh ,dia berjalan di tengah hujan deras sambil menggendong cucunya menuju rumahku .Maka dengan cepat cepat kupersilahkan masuk kedalam rumah.

“ Maaf umi, ini si kecil ( sambil menyebut nama cucunya) dari tadi merengek terus minta ngaji kesini,padahal sudah saya kasih tahu kalo hujan gini khan biasanya libur.” ungkap nenek tersebut .

“ Oh ngga papa kok nek, Udah sini dik kita ngaji ya..sama kakak Ica ya ( Anakku ) ” ajakku ke anak tersebut. Kemudian anak tersebut pun mulai belajar dengan wajah yang ceria meski cuaca saat itu agak dingin.

Bagaimana saya tidak akan terkesima, si kecil yang belum bisa bicara dengan sempurna alais terbata bata ,yang baru bisa baca a,bat.ta sa.ja … begitu kuat keinginannya untuk belajar,bahkan disaat hujan yang deras sekalipun. Dan nenek itu adalah seorang yang penyanyang,begitu kuat kasaih sayangnya dan turut membantu cucunya yang berkeinginan untuk belajar.

Maka saya yang biasa mengajari anak tersebut kali ini justru merasa tercambuk dan belajar pada anak tersebut, belajar untuk punya semangat menuntut ilmu yang kuat

Kata Sibuk kerja,capek, hujan deras,tak ada biaya adalah deretan kata yang telah dipersiapkan dibenak ini.Padahal hanyalah rekomendasi dari “kemalasan” .

Kita pantas malu pada si kecil ini.

Terlebih padaNYa sebab kita termasuk orang yang tidak mau diangkat derajatnya.Sebagaimana yang Allah sebutkan dalam firman-Nya,

“Allah mengangkat derajat orang-orang yang beriman, dan orang-orang yang diberi ilmu (diangkat lagi) beberapa derajat”. (QS. Al Mujaadalah: 11).

Sebagimana para ulama rahimahumullahu memberikan nasihat kepada para penuntut ilmu untuk bersabar di atas kesulitan-kesulitan ilmu dan dalam memperolehnya, karena ini merupakan persyaratan dalam menempuh maksud dan tujuan yang mulia dan sangat mahal.

Maka apabila seseorang ingin mendapatkan apa yang diingnkan harus dengan bersungguh-sunggguh. Dan jika dalam keadaan malas ia tidak akan mendapatkannya. Maka ambillah kesempatan engkau akan menuju kepada sesuatu yang engkau angan-angankan tersebut.

Maka wajib bagi penuntut ilmu, untuk bersungguh-sungguh dalam memperoleh ilmu. Karena sesungguhnya perkara dalam menuntut ilmu seperti disebutkan oleh Ibnul Junaid, “Tidaklah seseorang mencari sesuatu dengan sungguh-sungguh dan dengan kejujurannya melainkan dia akan mendapatkan apa yang dia inginkan. Kalau ia tidak mendapatkan semuanya, paling tidak dia akan mendapatkan sebagiannya.”

Maka inilah ‘uluwul himmah (tingginya semangat) seseorang dalam menuntut ilmu, dia harus bersemangat terhadap waktu dan dia merasa benci untuk membuang waktunya dalam perkara-perkara yang tidak bermanfaat dan kebulatan tekad. Kedua perkara ini akan menjadi usang jika seseorang tidak memanfaatkannya dan inilah pedang menghunus yang bisa membunuh seseorang.

Semoga apa yang saya tulis ini bisa menjadi penguat azzam dalam diri saya dan siapa pun yang membacanya untuk terus berusaha belajar dan menuntut ilmu agama ini.

( Ummu Filzah Yayuk Winarsih Albatami )

Share Acara Aqiqah

Bismillah..
Saat ini  semakin banyak kita yang paham mengenai aqiqah, makin banyak yang menggelar acara di hari ke 7, 14 atau 21.
Masalah hukum dan tatacara sudah banyak yang bahas di google sudah bejibun
Tapi kalo masalah Tehnis acara aqiqah ini banyak yang belum share..nih
berhubung  beberapa teman dan kenalan sering Tanya ke saya jadi alangkah baiknya di share ,seputar acara aqiqah semoga berguna bagi nanti yang akan mengadakan aqiqahan.
Anak sudah 4 Setidaknya sudah 4x menggelar acara aqiqah .. banyak pengalaman yang bsia di share…2 x aqiqah dengan 1 kambing (cewek) dan 2 kali aqiqah dengan 2 kambing  ( anak cowok).

 JUMLAH PORSI MAKANAN

Jumlah perkiraan porsi makanan disesauikan dengan Jumlah undangan..
Jika kita mengundang 100 orang maka yang perlu kita siapkan adalah 240 porsi ..
kenapa..?
Sebab yang datang adalah suami Istri jadi kali x = 200 orang dewasa ,  sedang 40 porsi untuk anak anaknya.
Untuk anak bisa  disediakan es buah dan semisal.
Adapun menu untuk anak dibuat supaya tidak mubazir,diacak acak dan lain sebagainya.

Hitung Jumlah nasi yang diperlukan biasanya dalam ukuran Termos Nasi besar.
1 termos nasi besar bisa  untuk = 70 orang.
Beras 1 karung (25 kg) bisa jadi 4 termos nasi.
Lebih baik porsi lebih jadi bsia dibagi bagi ke tetangga lebihnya daripada kurang.

 PILIHAN MENU.

Biasanya Kambing Aqiqah menunya Sate atau Gule atau keduanya.
Tapi perlu dipertimbangkan jika ingin untuk banyak porsi maka dimasak  Gulai semua.
1 Kambing ukuran standart  di masak gulai bisa mencukupi untuk 100 porsi lebih , sedang jika di Sate jauh lebih sedikit.
Jika khawatir kelebihan bisa 50% di gulai 50% di Sate atau 70% Gulai 30 % sate. Pokoknya atur aja.
Jika khawatir Menu tersebut kurang bisa ditambah menu pendamping dengan ayam kecap di potong potong
Atau telor dibelah 2 diberi sambal. Beli 100 telor dibelh 2 sudah jadi 200 khan.. jika dibelah.Tambah urap ,kerupuk,acar dll.

 PERALATAN

Adapun jika kita pesan  kambing  ke penyelenggara aqiqahan sekalain aja dimasakain tinggal tambah ongkos masaaknya.
Saat ini per kambing biaya masak sekitar Rp. 600 ribu.
Peralatan masak piring sendok, termos nasi dll biasanya itu free.

Untuk peralatan penyajian makan/hidangan tamu sebaiknya pinjam 2 set,
Masing masing dipisah tempatnya  1 untuk para bapak 1 untuk para Ibu
Supaya antrian tidak panjang , entar dikira  loket kereta api hehe..
Lampu penerangan bisa pinjam RW  , jangan lupa Pak RT RW nya di undang ya hehe..
Tenda bisa sewa 1 atau 2 tenda, 2 tenda bisa  menampung sekitar 80 kursi.

 WAKTU ACARA

Undangan ke tetangga paling tidak dibuat 1 hari sebelumnya biar mudah di ingat, jika 3 hari sebelumnya entar malah udah pada lupa.
Untuk mensiasati supaya rumah kita dan tenda bisa menampung jumlah tamu dengan memberi rentang  waktu yang panjang waktu di undangan.
Misal acara jam 16.00 -21.00   sehingga tamu datang tidak serentak tapi bergiliran dan datang secara bertahap.
Bayangkan jika mengundang 100 orang disatu satu waktu misal jam 20.00 maka akan kalang kabut pihak punya hajat melayani tamu.
Tapi biasanya jam jam yang paling ramai adalah 1 jam menjelang Magrib dan setelah magrib.

 CARA PALING SIMPLE

Ini pernah saya lakukan waktu anak pertama, sangat simple yakni dengan cara mengemas makanan sate dan gule ke dalam kotak
Kemudian dibagi bagi ke tetangga sekitar. Tidak perlu sewa tenda dan kursi. Cuma butuh bantuan beberapa orang untuk antar nasi tersebut ke tetangga.

 LAIN LAIN

–  Baik Baik ama temen dan tetangga biar banyak yang bantuin pas acara
–  Sediakan Kresek besar untuk bekas sampah.

– Menurut saya yang hadir ke aqiqah tidak perlu merepotkan diri membawa sesuatu sebab, jika hadir dan mendoakan saja sudah senang..
Khawatir acara aqiqah ada distorsi hal hal lain..
Sebab pengalaman  ada yang sampe ngasih print out rekening listrik segala   saya juga bingung apa maksudnya hehe..

Tapi kalo ngomongin soal porsi makanan dan menu paling Jago sbeetulnya  ibu-ibu.

gulai

Masjid Bintang untuk pemudik

masjidbintang masjidbintang2

Nama Masjidnya Masjid Al Kautsar Ds. Mantren Kec. Karangrejo Kab. Magetan.

Kalo Jumatan saya kesini ..

Tapi kalo di pinggir jalan ini disebut Masjid Bintang…

Ada spanduk di Pinggir Jalan sebelum mencapai masjid ini.

1 KM lagi masjid Bintang…

500 M lagi masjid Bintang ..

200 M lagi masjid bintang…

Awalnya ana kira nama masjidnya yang dirubah ,.. ternyata adalah…

Masjid Bintang sendiri merupakan program pelayanan yang berpusat di Masjid yang ada di jalur arus mudik dan balik.

Masjid Bintang ini juga merupakan tempat beristirahat yang nyaman bagi para pemudik karena di dalamnya juga terdapat beberapa layanan seperti pijat elektronik, layanan kesehatan dan ambulans.dll

Alias masjid yang dijadikan posko lebaran untuk pemudik  , selain berfungsi sebagai tempat ibadah.

gak heran di depan masjid banyak mobil polisi..

juga di jalan utama polisi stanby ngatur lalu lintas pemudik yang mau masuk untuk istirahat..

Kalo ana gak mungkin istirahat disini sebab beberapa langkah lagi udah sampe di rumah mertua hehe

di Jawa timur aja ada ratusan masjid bintang …kayak gini

Seputar mudik lebaran

Wonogiri6Ini adalah hitungan saya perjalanan mudik  lebaran 2013 kemarin..

     Ii diluar perjalanan udara yakni Batam –Surabaya = 2 jam dan sebaliknya.

  1. Dari Batam turun di bandara Surabaya  ke  Madiun  .= 6 Jam
  2. Madiun- Wonogiri (Solo) = 3 Jam
  3. Wonogiri – Malang) ( lewat jalur selatan /trenggalek)   = 10  Jam
  4. Malang – Wonogiri ( lewat jalur selatan /trenggalek)  = 9 Jam
  5. Wonogiri – Madiun/Magetan = 2.5 Jam
  6. Madiun – Jombang = 3 Jam
  7. Jombang – Surabaya = 2.5 Jam.  Selanjutnya terbang ke Batam kembali.

 

Dari data tersebut bsia dijadikan acuan buat anda pade yang melakukan akan melakukan perjalanan darat di kota tersebut selama lebaran.

Perjalanan tidak ngebut tapi santai mengingat saya bawa 2 anak, 1 bayi umur 1 tahun dan Istri yang hamil.

Bukan kendaraan reguler tapi kendaraan carter,setiap perjalanan ganti tour and travel .

Dari sekian banyak jenis yang dipake adalah jenis MPV dari merk T* , dan dan sebuah minibus ketika bawa belasan keluarga ke Malang. Supaya kita nyaman AC kendaraan ahrus berfungsi dengan baik.

 

Tips perjalanan terutama ketika dengan  anak kecil dan orang hamil  versi saya

■      Minum obat penguat janin,anti kontraksi  bagi ibu hamil sesuai petunjuk dokter. Biasanya sehari sebelumnya.

■      Buat surat keterangan dari dokter untuk ibu hamil untuk perjalan di udara, butuh 2 surat PP

■      Bawa mainan untuk anak dan anak kecil , laptop,tablet,mainan lainnya biar tidak rewel di jalan.

■      Bawa jenis makanan yang disukai anak diperjalanan : coklat..cepet bikin kenyang trutama yang umur 1-2 tahun, Bakso tanpa kuah,Jely/agar agar.

■      Bawa bantal bayi ini sangat berguna di mobil dan di pesawat.

■      Buatkan Susu bayi panas dimasukkan kedalam wadah siap minum, bisa tahan sekitar 5 jam, ketika di kecil minta langsung glek, kalo habis bsia bikin lagi denagn abwa termor air panas,ato bisa mampir di warung kopi di pinggir jalan untuk bikin susu bayi.

■      Bawa pampers yang cukup.

■      Bawa Tissue kering dan tissue basang , buat ngelap/cuci tangan ketika di dalam mobil/perjalanan.

■      Bawa Power bank jika diperlukan.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.